Persiapan Menuju Ketenangan Masa Tua

Mulailah sedini mungkin untuk membuka usaha, tidak harus usaha besar dengan modal yang besar, usaha apa saja tidaklah masalah
old man
pixabay.com

Ketemu cerita tentang lansia yang masih harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Masa mudanya ia habiskan untuk menghamburkan uang ke hal-hal yang tidak penting, tidak ada yang disiapkan untuk masa tuanya.

Dari sini saya belajar, jangan hanya memikirkan hidup senang di masa muda saja, pikirkan juga hidup yang akan anda jalani di masa tua nanti.

Saya pelan-pelan sudah mulai mempersiapkan rencana di masa tua nanti.

Kalau firstname sudah siapkan rencana untuk hari tua nanti?

Pasti yang Anda bayangkan adalah kehidupan yang tenang dan damai, menghabiskan sisa usia bersama keluarga tercinta, menikmati seluruh hasil jerih payah semasa muda.

Tapi apa yang sudah Anda lakukan saat ini?

Sudah mengasah skill, memperluas jaringan pertemanan, mencoba hal-hal baru dan berani mengambil resiko.

Atau..

Anda masih berleha-leha, bergantung pada orang tua, atau belum berani memulai karena takut salah mengambil langkah baru.

Saya hanya bisa sampaikan, sebisa mungkin Anda menyiapkan segala hal semuda mungkin.

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk menjamin ketenangan di masa tua Anda.

#1 Asuransi Kesehatan

Makin bertambah umur, kondisi kesehatan pun semakin menurun. Makanya untuk mengantisipasi, mulai dari sekarang Anda bisa daftarkan diri pada Asuransi Kesehatan.

Pilih Asuransi kesehatan yang memiliki kredibilitas yang terbaik dan pastikan Anda tahu prosedur dari asuransi pilihan Anda.

#2 Punya Investasi

Mulailah berinvestasi sedini mungkin jika ingin masa tua Anda aman secara finansial. Jangan tunggu hingga masa pensiun Anda sudah dekat, tetapi mulailah sedini mungkin agar hasil yang akan Anda nikmati lebih besar dan mencukupi.

Anda tidak harus investasi langsung dalam jumlah besar, mulailah dari skala kecil, misalnya nabung emas ataupun melakukan jual-beli saham. Coba sisihkan 10-15 persen dari penghasilan untuk diinvestasikan.

Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.

#3 Dana Darurat

Beda dengan dana Asuransi dan dana Investasi, dana darurat juga diperlukan guna ketenangan hidup Anda di hari tua kelak.

Dana darurat perlu anda siapkan untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang tak terduga yang bisa saja menimpa Anda suatu hari, seperti bencana alam, kecelakaan, Ataupun penyakit.

#4 Memiliki Usaha Sampingan

Walaupun Anda sudah punya penghasilan tetap setiap bulan dari pekerjaan anda, Anda juga perlu punya Usaha sampingan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan untuk menyelamatkan Anda secara finansial.

Penghasilan yang Anda peroleh dari usaha sampingan ini untuk menambah penghasilan saat tua nanti.

Mulailah sedini mungkin untuk membuka usaha, tidak harus usaha besar dengan modal yang besar, usaha apa saja tidaklah masalah.

Sehingga saat masa tua nanti, Anda tinggal menikmati hasilnya saja.

Jangan pernah mudah puas dengan hasil yang Anda dapatkan di masa muda dan menghambur-hamburkan hasil yang Anda dapat.

Kumpulkan semua bekal yang bisa menjamin masa tua anda nanti.

Lakukan yang terbaik.

Lebih baik berdarah-darah di masa muda, daripada menyesal di hari tua.

Keep Fight!